Jumat, 30 Oktober 2015

MENGGUNAKAN E-MAIL BERBASIS POP3







1.    Pengrtian E-mail Berbasis POP3

Sebuah email akan melewatibeberapa komputer yang berperan sebagai router atau email server,sebelum akhirnya tiba pada email server yang ada pada ISP di manaalamat email kitaterdaftar.POP3 biasanya selalu disandingkan dengan SMTP (Simple Mail TransferProtocol).

Istilah POP3 dan SMTP bagi para pengguna email mungkin sudah tidak asing lagi karena ini berhubungan erat dengan jalur lalulintas email yang dikirim maupun yang diterima. Tapi jarang dari kita yang tau apa sebenarnya arti dari istilah POP3 dan SMTP tersebut.

          A.      POP3

POP3 adalah kepanjangan dari Post Ofice Protocol version3, yakni protokol yang digunakan untuk mengambil email dari email server. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem email yang mengharuskan adanya email server yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerimayang berhak.

POP3 sering digunakan untuk menerima email dari pihak ketiga misal aplikasi microsoft outlok, push Blackberry, Seven. Dengan settingan POP3 ini kita dapat membuka email kita melalui aplikasi pihak ketiga tanpa harus membuka akun kita di penyedia layanan email (Ymail,gmail,hotmail).

       Kehadiran email seruer ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima email yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.

          B.      SMTP

SMTP atau Simple Mail Transfer Protocol yang merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman email.

Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim email ke server email penerima. Protokol ini timbul karena desain sistem email yang mengharuskan adanya email server yang menampung sementara sampai surat elektronik diambil oleh penerima yang berhak. SMTP ialah settingan agar aplikasi pihak ketiga dapat mengirim email melalui akun kita tanpa kita membuka akun diemail kita secara langsung.

Perbedaan antara email berbasis pop3 dengan email berbasis web :

1.      Email berbasis pop3 memerlukan aplikasi mail client.
2.      Melalui email berbasis pop3 akses internet pada saat mengirim dan menerima dapat dikurangi. sedangkan pada email berbasis web akses internet tidak boleh sampai putus saat akses email, mulai dari mengirim sampai menerima.
3.      POP3 email harus dapat dibuka oleh komputer pengguna, sedangkan Web Based Email dapat dilihat oleh siapapun yang memiliki alaes internet.
4.      Dalam kapasitas media penyimpanan, POP3 lebih besar karena ukuran penyimpanannya tergantung dari kapasitas hard disk Sedangkan Web Based Email dibatasi dalam kapasitas penyimpanannya oleh server.
5.      Email berbasis pop3 lambat, sedangkan email berbasis web lebih cepat dan handal.
6.      Dengan menggunakan POP3, maka email dapat diambil dari server dan disimpan di email client, sedangkan dengan menggunakan Web Based Email (seperti yahoo dan Gmail), pemakai dapat membaca email yang diterimanya dan melakukan interaksi dengan email tersebut secara user friendly.
7.      Dengan sistem pop3 kita dapat membaca email secara offline tanpa harus tersambung dengan layanan internet, sedangkan email secara web harus tetap tersambung dengan internet walaupun untuk membaca.



2.      Cara setting POP3 mail client

Sekarang bukan cuma komputer saja yang bisa buka email , tetapi membuka email bisa dilakukan dari handphone dll. Email merupakan fasilitas komunikasi yang sangat bermanfaat.

Membuka email bisa dilakukan dari web browser, ini biasanya disebut dengan web mail. Tapi beberapa provider email menyediakan fasilitas pop3, contoh nya yang paling terkenal yaitu gmail.com , yahoo.co.id dan ymail.com. Untuk membuka email dengan fasilitas ini disebut sebagai mail client.

Beberapa mail client yang Top yaitu outlook express , ms outlook, thunderbird , opera dan beberapa handphone juga menyediakan fasilitas mail client tersebut.

Bagaimana cara setting mail client tersebuat agar bisa membuka email kita di server ? Berikut ini setting mail client untuk pop3 mail gratis gmail dan yahoo indonesia mail:


1.      Setting mail client untuk pop3 Gmail ( @gfnail.com)

a. Alamat email : user@gmail.com (alamat email anda)
b. Username : user@gmail.com (alamat email anda)
c. Password : 123456(password anda)
d. Outgoing Mail server : smtp.gmail.com
e. Incoming Mail server : pop.gmail.com
f. Mailbox type : POP3
g. lncoming Port/server :995
h. Outgoing Port/server : 465
i. SSL : ON
j. Authentication : On





2.      Setting mail client untuk pop3 Yahoo Indonesia Mail [ @yahoo.co.id, @ymail )

a. Alamat email : user@yahoo.co.id (alamat email anda)
b. Username : user (user name anda)
c. Password : 123456[password anda)
d. Outgoing Mail server : smtp.mail.yahoo.co.id
e. Incoming Mail server : pop.mail.yahoo.co.id
f. Mailbox type : POP3
g. Incoming Port/server : 110
h. Outgoing Port /server : 25
i. SSL : ON
j. Authentication : On

3.    Langkah – langkah Membuat Email POP3 Di MS outlook 2007

1.      Masuk ke control panel > user accounts and family safety > Mail
2.      Setelah muncul tampilan Mail setup pilih add.. kemudian tulis nama profil anda,klik OK.
3.      Kemudian isilah sesuai dengan informasi email anda
4.      Selanjutnya Outlook secara otomatis akan melakukan konfigurasi ke server.
5.      Jangan panik dulu bila muncul pesan Error. Hal ini biasanya muncul karena Outlook sedang mencari pada koneksi yang encrypted. Cukup klik Next saja.
6.      Selesai ! Konfigurasi anda telah berhasil dan kini Outlook sudah siap digunakan.
Namun jika langkah-langkah di atas gagal anda dapat melakukan Konfigurasi secara manual dengan cara sebagai berikut.

1.     1.      Lakukan langkah-langkah 1 dan 2 yang tertera di atas
2.            2.     Pada jendela auto account setup centang  “Manually configure server …”
3.              3.      Pilih opsi “Internet Email”
4.      Isi field yang dibutuhkan sesuai dengan informasi akun email anda dengan petunjuk yang telah tertera di bagian 2.
5.      Klik ‘ More Settings ‘ setelah semuanya diisi.
6.      Pilih Tab ‘Outgoing Server’ , kemudian centang  ’My Outgoing server (SMTP) requires authentication’. Biarkan setting yang lain tetap (default).
7.      Kemudian pilih Tab ‘advanced’ kemudian isi sesuai dengan petunjuk yang ada.          
 
                 
sumber  ;
http://tomcat-48.blogspot.co.id/2012/11/menggunakan-e-mail-berbasis-pop3.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar